Rabu, 08 April 2015

Go-Food Powered by Go-Jek

Go-Jek...

Dua kata yang diartikan adalah Go dan Ojek. Ide ini bermula karena banyaknya pengelolaan kendaraan lewat aplikasi adalah buatan luar negara Indonesia, sehingga dengan niat membantu para tukang ojek yang jumlahnya ribuan dan dibantu dengan teman-teman founder: Nadiem Makarim maka terciptalah satu aplikasi bernama GO-JEK. Gojek ini sebenarnya sudah beroperasi lama hanya belum mempercayakan produknya kepada publik disebabkan sesuatu hal. Tetapi setahun ini sudah banyak perusahaan yang telah memakai jasa mereka. Awalnya gojek ini hanya sebatas antar jemput penumpang dengan aplikasi yang sederhana, namun karena semakin dipercaya para ojek dan akhirnya merambah ke dunia kurir / antar jemput barang. 

Ganteng-ganteng khan timnya gojek...
(G3 artinya Ganteng-ganteng Gojek)


Antar jemput barang inipun semakin hari semakin mendapatkan perhatian yang sangat memuaskan dari pelanggan gojek sehingga lahirlah terobosan baru lagi bernama Shopping dimana segala kebutuhan pelanggan go-jek misalnya beli tiket, buah, peralatan memasak, makanan dan lainnya dapat dipesan melalui aplikasi go-jek ini. Sistemnya adalah para pengemudi ojek mendahulukan pembayarannya maksimal 1 Juta rupiah (jika lebih dari 1 juta rupiah maka pelanggan diharuskan menghubungi Customer Care Gojek di 021-7251110). Setelah pengemudi ojek membeli segala pesanan kita maka diantar ke rumah kita. Biaya yang harus kita keluarkan adalah biaya kuitansi/bon/faktur ditambah dengan biaya kurir go-jek tersebut yang tertera di aplikasi Go-jek. 



Pada bulan Februari kemarin, Go-jek sudah memperkenalkannya kepada blogger dimana untuk memperkenalkan aplikasi gojek. Aplikasi Gojek sendiri sudah ada di App Store ataupun di Google Play. Sebagai apresiasi Gojek terhadap blogger maka diberikanlah saldo gojek kepada seluruh blogger yang hadir. Oh ya saldo gojek sendiri bisa di topup loh seperti gambar berikut ini:

Jika sudah melakukan transfer maka ada formulir dibawah tulisan Top Up Form yang berisikan Nama Akun Bank, Nama Bank (selain bukan Bank BCA harus diisi) dan jumlah yang telah ditransfer. Untuk diperhatikan gojek kredit tidak dapat diuangkan kembali atau dikembalikan ke rekening jika ada masalah tapi akan menjadi kredit di aplikasi gojek itu sendiri. Kredit Gojek juga hanya dapat dipakai pada aplikasi gojek itu sendiri. Selain topup tersebut para "GOJEKERS" juga dapat menambah gojek dengan membagikan Kode Referral: 525149219 kepada teman gojek lainnya yang belum memiliki referensi. Kredit ini berlaku hanya sebelum pemakaian pertama aplikasi gojek. Selain itu jika memenuhi syarat diatas bukan teman kita saja dapat kredit gojek Rp. 50.000,- tetapi kita juga mendapatkannya.

Kemarin tepatnya pada tgl. 08 April 2015 bertempat di Coclave yang beralamat di Jln. Wijaya I No. 5c. Untuk kali ini bukan hanya blogger yang diundang tetapi para media lainnya. Tim Gojek pada saat itu memperkenalkan sebuah inovasi kembali yaitu layanan terbaru mereka yang bernama "GO-FOOD". Layanan ini didasari atas banyaknya permintaan dari pelanggan dan juga berdasarkan survey yang didapat dari tim gojek sendiri atas pemakaian aplikasi gojek itu sendiri. Prinsip kerjanya sama saja dengan layanan Shopping, hanya pada layanan go-food ini khusus untuk makanan dan sudah ada tampilan yang menggugah selera dari Menu Aneka Nasi, Bakmie, Aneka Ayam & Bebek, Soto, Bakso, Sop, Sate, Martabak, Burgers, Sandwich, Steak, Pizza, Pasta, Makanan (Middle Eastern, Chinese, Vietnamese, Malaysian, Singaporean, Japanese, Korean), Sweet, Dessert, Snack, Jajanan, Coffee Shop, Minuman dan terakhir Roti. Didalam menu-menu tersebut ada sub menu lagi yang dapat kita pilih yaitu lokasi warung, restoran, atau penyedia makanan yang lokasinya berdekatan dengan lokasi kita. Kita juga dapat memilih lokasi yang kita inginkan dengan mengklik "Search Restaurant/Cafe/Warung" di bagian atas untuk yang kita inginkan. Jika kita pilih sub menu tersebut dimana nama penyedia makanan dan alamat yang sesuai maka terdapat sub menu lagi menampilkan kategori yang tersedia di penyedia makanan tersebut. Kita pilih kategori makanan yang kita sukai dan akan ditampilkan daftar menu makanan serta harganya, disamping kanan ada tombol klik untuk menambah/mengurangi jumlah menu yang akan kita pesan serta dibawahnya ada yang dapat di klik jika menambah catatan misalnya tidak pakai bawang goreng, dan sebagainya. Ingin memilih menu lainnya? Bisa... Kita hanya mengklik back atau bagian atas disamping tanda "motor ada sinyal". Jika semua pesanan sudah cukup maka dapat dilihat biaya yang kita harus bayar, ingat harga yang tertera adalah harga pas dan tidak boleh ditawar. Setelah selesai dengan perkiraan harga kliklah lebih lanjut review order. 

Pada saat ini gojek memberikan bonus bagi gojekers yaitu gratis biaya kurir selama bulan April 2015 saja, jadi yang kita bayar hanya biaya makanan yang kita pesan. Masih ragu pake Gojek??? Jangan khawatir ada fitur yang disediakan untuk pelaporan misalnya tidak pake helm, tidak pakai jaket, tidak diberikan masker, dan sebagainya. Atau ada keluhan lain?? Cukup berikan rate bintang 1 dan isi keluhan dibawahnya pasti akan ditindaklanjuti (itu adalah janji foundernya loooohhh.) 

Salam Gojekers....


7 komentar:

  1. Asyik banget yaa pakai ojek ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sangat asyik banget mbak, apalagi ada promosi gratis biaya kurir bulan april ini saja... jangan lupa masukkan kode referensi saya ya...

      Hapus
    2. Sangat asyik banget mbak, apalagi ada promosi gratis biaya kurir bulan april ini saja... jangan lupa masukkan kode referensi saya ya...

      Hapus
  2. I'm spreading the GO-JEK love. Download the GO-JEK app at "http://go-jek.com/app" and input this referral code "543098854" to get Rp 50,000 free credit to your first booking. #gojekgotmehere

    BalasHapus
  3. Iya, tapi jangan disini juga kalee promosi kode referralnya. ... hush..,, hush. ..

    BalasHapus
  4. I'm spreading the GO-JEK love. Download the GO-JEK app at "http://go-jek.com/app" and input this referral code "543890415" to get Rp 50,000 free credit to your first booking. #gojekgotmehere

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, ini lagi promosi kode referral, hush..., hush....

      Hapus