Jumat, 18 April 2014

Wahana Ice Age Sid’s Arctic Tours adalah Kenangan Tak Terlupakan...



13973011961022503897
Patung Sid, dkk di Pintu Masuk Wahana Ice Age (Dok. Pribadi)


Pernahkah anda menonton film film Ice Age dari yang I sampai yang terakhir yaitu yang ke-5? Jika anda sudah atau belum menontonnya maka bagi yang belum menontonnya segera buruan nonton dan kemudian kunjungi wahana baru di area Dunia Fantasi (DUFAN) yaitu “Ice Age: Sid’s Arctic Tours”. Wahana ini adalah yang kedua setelah “Movie Park” yang berada di Jerman. Apa sih kehebatan dari wahana baru ini? Mari kita simak liputan khusus dari Blogger Reporter Indonesia pada saat mencoba untuk urutan kedua pada saat launching hari Kamis tgl. 10 April 2014 yang lalu.


13973013681821666156
Satu Pintu Masuk Wahana (Dok. Pribadi)

1. Pintu masuk dan pintu keluar sama.
Disaat kita memasuki pintu masuk maka kita akan disuguhkan seperti masuk ke dalam goa dahulu kala dimana adanya satu pintu masuk dan juga pintu keluarnya, jadi kita diajak untuk memahami bahwa dulu para manusia purba keluar masuk hanya satu. Maka pada jaman dahulu kala pintu masuk hanya satu karena jaman dahulu kala manusia purba belum mengerti membuat pintu yang lainnya, sehingga pada saat itu manusia purba memanfaatkan goa yang diciptakan oleh Tuhan tanpa merusaknya.


13973014511165610893
Ornamen Gua Jaman Es (Dok. Pribadi)

2. Ornamen gua.
Di saat masuk pintu wahana maka kita berbelok untuk memasuki gua yang sangat dingin dan ada beberapa ornamen yang biasanya adalah pembentukan alami dari gua itu sendiri. Untuk anak kecil sebaiknya tangannya dipegang karena takut kegelapan atau dinginnya suasana tersebut.


13973015721374621282
Naik-naik ke puncak gunung (Dok. Pribadi)

3. Pendakian jalan.
Setelah memasuki gua yang kelam dan gelap maka kita keluar tetapi tidak keluar wahana karena kita diajak untuk menjalani tapak demi tapak tangga yang di desain seperti jaman purba kala, tetapi agar aman untuk anak dibawah 5 tahun harus diawasi walaupun terdapat pegangan tidak memungkinkan anak kecil dapat menerobos keluar karena keingintahuannya. 


1397301647577423600
Kiri Kanan, ku lihat saja banyak pohon cemara (Dok. Pribadi)

Disamping kiri dan kanan akan ada ornamen tumbuh-tumbuhan dan pepohonan seperti pada jaman dulu kala. Dan kita juga akan melewati tumpukan batu yang dibuat semirip mungkin seperti gapura, selain itu pendakian jalan tersebut bukanlah lurus tetapi berkelok-kelok sehingga kita seperti dilatih jalan mendaki.


13973017531514300310
100 % Bebas Dinosaurus katanya (Dok. Pribadi)

4. Masuk kembali ke wahana menuju informasi keselamatan.
Lelah setelah pendakian maka kita kembali dan diharuskan berjalan kembali melalui lorong yang gelap dan dingin. Disini pengalaman blogger masih memaklumi bahwa perjalanan tersebut melewati jalanan yang kemungkinan belum di dekorasi. Jadi menurut blogger sebaiknya pihak DUFAN memberikan ornamen ataupun informasi tentang jaman es ataupun tentang gua yang dapat dibaca oleh khalayak umum. Seperti asal mula pencairan es dan sejenisnya, bolehlah ditiru seperti film Ice Age yang sang tupai mengejar buah kenari tetapi malah masuk ke dasar bumi. Tupai tersebut pun meraih buah kenari tersebut tetapi malah berputar-putar saja pada bola berwarna merah tersebut. Dan kejadian selanjutnya dapat dipahami menurut animasi tersebut bahwa dunia ini awalnya seperti ini yang kemudian terjadilah seperti ini.


13973018591432901252
ruangan animasi untuk informasi keamanan (Dok. Pribadi)

5. Informasi Keselamatan dengan animasi film.
Disini blogger sangat kagum atas kerja keras PT. Pembangunan Jaya Ancol yang telah membuat satu ruangan untuk informasi keselamatan dengan pertunjukan animasi tokoh film Ice Age. Yang lebih mengesankan adalah animasi tersebut berbicara dalam bahasa Indonesia. Disarankan kepada pihak Dufan agar membuat tong sampah yang kecil, juga untuk tempat berdirinya pengunjung agar perjalanan dibuat seperti alur dari atas kemudian turun ke bawah. Begitu juga dengan bagian paling depan dibuat pembatas dari kaca untuk menghindari tangan-tangan jahil melempari makanan ataupun sampah ke arah layar. Jika ingin mengetahui animasi tersebut berbicara dalam bahasa Indonesia saya menyarankan agar secepatnya mengunjungi wahana ini.
6. Ruangan perjalanan lainnya yang gelap dan panjang.
Setelah ruangan informasi keselamatan tersebut kita lalui maka saya sebagai blogger mengalami dejavu atau pengalaman yang sama terulang kembali sebelum memasuki ruangan informasi tersebut.


1397301992226174094
Perahu di wahana Ice Age Adventure (Dok. Pribadi)

7. Ruangan memasuki kapal perahu.
Ruangan ini belum didesain untuk seperti jaman dahulu kala tetapi masih seperti perhentian bis dimana diharapkan berbaris 3 orang untuk memasuki kapal. Saran kepada pihak Dufan sebaiknya sebelum ruangan ini agar diberikan berupa pelindung kepala dan tubuh yang bentuknya bulat dengan memasukkan kepala dari bawah untuk menghindari cipratan air yang terjadi pada jalur wahana tersebut.










13973009871004826146
contoh topi pengunjung



Untuk penutup kepala desainnya boleh seperti topi Hawai yang lebar tetapi dengan bahan plastik atau jas hujan. Tidak etis kita dilarang menyentuh air tapi airnya terkena cipratan dari jalur wahana tersebut. Tambahan saran jika memungkinkan diberikan plastik atau kunci pengaman untuk melindungi tas, kamera dan barang bawaan lainnya dan disegel oleh petugas menghindari basah ataupun melempar sampah pada jalur kapal tersebut.
8. Memasuki kapal dengan aliran air.
Setelah memasuki kapal diharapkan pengunjung tidak lagi mengeluarkan kamera, perangkat canggih lainnya yang dapat rusak terkena air, karena akan jatuh atau terkena air disaat kita menumpangi kapal yang mengalir.


1397302135386704157
Jalur air yang dilalui kapal (Dok. Pribadi)

9. Jalur kapal dengan air yang mengalir.
Pada saat ini kita seperti berlayar ditengah sungai yang disuguhi animasi digital / film yang akan menyala jika sensor gerak pada jalur air tersebut menyentuh badan kapal. Sensor ini berfungsi untuk memberikan sinyal kepada proyektor ataupun alat penggerak animasi untuk memulai dan jika kapal telah berlalu maka sensor ini pun mematikan animasi tersebut. Disinilah pengalaman yang tak terlupakan terjadi dimana selain pengalaman berguncangnya kapal dari kiri ke kanan ataupun dari atas ke bawah tetapi disuguhkan juga animasi dan ornamen yang sangat indah memukau penglihatan dan juga pendengaran. Yang paling mendebarkan dimana kapal tersebut pelan-pelan menaiki peringkat yang lebih tinggi sehingga beberapa menit kemudian dengan tiba-tiba terjadi hempasan kapal seperti diterjang ombak yang tinggi. Bagi orangtua terutama yang punya penyakit jantung dan juga ibu hamil serta anak-anak yang belum kuat mentalnya maka tidak diperbolehkan memasuki arena / wahana ini.


13973022541790739175
Kapal Pengering Baju (Dok. Pribadi)

10. Kapal yang berputar dan naik turun.
Setelah kita kembali ke tempat semula dimana kita menaiki kapal tersebut disitu pula kita turun dari dari kapal tersebut. Ruangan selanjutnya seperti yang terdahulu juga adalah ruangan yang belum diisi oleh pihak Dufan. Tetapi ada satu hal yang menarik bahwa di ruangan lain ada satu wahana kapal juga tetapi wahana ini juga memacu adrenalin jika belum puas dengan kejadian di kapal yang mengalir. 
Kapal ini di desain naik turun dari titik nol derajat kemudian bergerak ke 90 derajat dan kembali ke 0 derajat dan dilanjutkan naik 90 derajat. Ketegangan masih berlanjut karena kapal belum diputar. Jika kapal diputar maka yang terjadi adalah kita diombang-ambingkan dengan kapal naik turun dan juga diputar 360 derajat secara konstan. Jika sudah diputar 360 derajat beberapa kali maka kita kembali diputar secara arah berlawanan yang awalnya kiri ke kanan maka kita akan diputar dari kanan ke kiri selama beberapa putaran dan inilah pengalaman #NeverEndingFun. Yang ingin disampaikan kepada pengunjung yang ingin menaiki wahana ini diharapkan jangan melawan gaya karena akan tegang sendiri jadi dinikmati saja atau rileks sedapat mungkin. Oh ya saya menyebutnya kapal ini sebagai kapal pengering baju karena pada saat itu saya terkena cipratan dari ombak kapal yang mengalir tersebut.
11. Ruangan istirahat / makan-makan.
Bersamaan dengan ruangan kapal pengering baju maka di depannya adalah ruangan rest area atau ruangan makan-makan / istirahat, dan lainnya dimana para pengunjung yang mengalami ketegangan dapat beristirahat sejenak dan sambil menonton film animasi Ice Age yang pada saat itu sedang diputar.
Itulah secara singkat momen yang tidak terlupakan oleh blogger seperti saya dimana baru pertama sekali mengunjungi Dufan selama hidup di Jakarta, menurut pihak Dufan bahwa Ancol adalah tempat rekreasi pribadi, keluarga ataupun rombongan dimana melepas kejenuhan kehidupan sehari-hari. Selain hal itu pihak Dufan / Ancol mengeluarkan program terbaru yaitu Annual Pass selama setahun dengan harga terjangkau dimana dalam setahun jika kita sudah memiliki kartu tersebut kita bebas masuk kapan saja selama setahun tanpa dipungut biaya. Bandingkan saja jika kita sekali masuk untuk masuk ke Dufan dengan harga terkini adalah seharga Rp. 180.000,- terkecuali anak-anak dengan tinggi badan kurang dari 1Meter.
Kartu Annual Pas setahun tersebut seharga Rp. 260.000,- yang dapat dipakai berkali-kali kecuali rombongan, maka jika ingin ke Dufan dan ingin kesenangan yang tiada berakhir dapat mengunjungi Dufan karena Dufan memiliki wahana yang selalu kita kenang dengan moment-moment yang berharga (#MemorableMoment). Akhirnya saya sebagai blogger dapat menyebutkan Ini dunia fantasi kami (#IniDufanKami) para blogger, semoga dunia fantasi kamu juga sama ya????

Tidak ada komentar:

Posting Komentar